Rabu, 18 Februari 2015

AS akan membantu Militan Moderat dengan serangan udara



Irib - Amerika Serikat berencana membantu “militan moderat” yang bertempur di Suriah dengan truk pick-up yang dilengkapi dengan senapan otomatis dan radio untuk memungkinkan mereka meminta permintaan serangan udara langsung.

Para pejabat militer AS diungkapkan Pentagon berencana memberikan “militan moderat” itu Toyota Hi-Lux pick-up yang dilengkapi dengan senapan mesin, demikian disebutkan Wall Street Journal pada Selasa (17/2).


Kendaraan itu juga akan dilengkapi dengan mortir dan kemungkinan senjata anti-tank yang lebih canggih, meskipun Pentagon belum membuat keputusan tentang kondisi seperti apa AS akan memberikan dukungan udara kepada militan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Amerika Serikat dan Turki "pada prinsipnya" sepakat  untuk melatih dan mempersenjatai militan yang bertempur di Suriah.

"Seperti yang telah kami umumkan sebelumnya, Turki telah setuju untuk menjadi salah satu tuan rumah regional untuk program pelatihan dan pelengkapan persenjataan bagi anasir oposisi Suriah yang moderat," kata juru bicara departemen Jen Psaki kepada wartawan. "Kami berharap dapat menyimpulkan dan menandatangani perjanjian dengan Turki segera."

Program pelatihan dan pelengkapan persenjataan itu kemungkinan akan dimulai bulan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar