Jumat, 13 Februari 2015

Rusia Ingatkan AS untuk Jauhi Ukraina




Okezone, MOSKOW - Pemerintah Rusia memberikan peringatan kepada Amerika Serikat (AS) untuk tidak mengirimkan bantuan persenjataan kepada Ukraina. Jika peringatan itu tidak dihiraukan, maka akan menyebabkan rusaknya hubungan di antara kedua negara.


Moskow menyatakan sangat prihatin dengan pembicaraan mengenai kemungkinan Amerika Serikat mempersenjatai pemerintah Ukraina. Saat ini, Ukraina sendiri tengah dilanda kekacauan karena pertikaian antara pemerintah dengan kelompok separatis yang pro-Rusia.

"Tidak diragukan lagi jika kebijakan tersebut dilakukan akan menyebabkan kerusakan yang parah pada hubungan AS dengan dengan Rusia, terutama jika penduduk Donbass (wilayah Donetsk dan Lugansk) terbunuh oleh senjata-senjata dari Amerika," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich, seperti dikutip SBS, Jumat (6/2/2015).

Pihak Barat terbelah dalam pembicaraan mengenai bantuan senjata ke Ukraina. Amerika Serikat cenderung mendukung hal tersebut, sedangkan Jerman dan Perancis menentangnya. Konflik di Ukraina Timur tengah memanas. Lebih dari 5.000 orang dari kedua belah pihak terbunuh sejak April tahun lalu. Pihak Barat telah berulang kali menuduh Rusia membantu pemberontakan, namun Moskow menolak semua tuduhan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar