Jumat, 13 Februari 2015

Iran Memperkenalkan Jet Tempur Terbaru Produksi Dalam Negeri

 
Saeqeh 2

beritasatu, Teheran - Kementerian Pertahanan Iran memperkenalkan jet tempur produksi dalam negeri Saeqeh 2, Senin (9/2). Pesawat yang jika diterjemahkan bernama Petir 2 tersebut mampu berfungsi sebagai jet tempur atau sebagai jet latih.


Pesawat dengan kokpit ganda itu didesain dan diproduksi oleh Kementerian Pertahanan dengan kerja sama Angkatan Udara Iran, demikian dikatakan Wakil Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Amir Hatami, Senin (9/2).

Pesawat itu akan melakukan tugas pertahanan jarak dekat dan dukungan misi taktis sekaligus pesawat latih tingkat lanjut.

Saeqeh generasi kedua ini memiliki kemampuan tempur yang lebih maju dibanding generasi pertama. Pesawat ini sudah dilengkapi sistem avionik elektronis serta senjata canggih untuk meningkatkan kemampuan latih pilot Iran.

Pesawat Saeqeh pertama kali diperkenalkan sebagai purwarupa pada 2004 dan mulai beroperasi dua tahun kemudian. Jet Saeqeh ini merupakan pesawat tempur kedua yang dikembangkan sendiri oleh Iran dan banyak disebut sebagai F-18 versi Iran.

Selama beberapa tahun terakhir Iran berhasil meraih keberhasilan di sektor pertahanan dan berhasil memenuhi kebutuhan militer sendiri dalam bidang perangkat keras serta sistem pertahanan.
Iran menegaskan bahwa sistem pertahanan yang mereka miliki tidak akan mengancam negara lain karena doktrin pertahanan yang mereka anut berdasarkan pada doktrin pencegahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar