Rabu, 29 April 2015

Intel Korsel: Rezim Kim Jong-un Eksekusi 15 Pejabat

Berita Militer Internasional-Diktator muda Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, memerintahkan eksekusi terhadap 15 pejabat senior Korut tahun ini. Demikian klaim temuan Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan (Korsel), Rabu (29/4/2015).

Menurut data NIS, dari 15 pejabat senior Korut yang dieksekusi, beberapa di antaranya merupakan pejabat yang mengeluhkan kebijakan Kim Jong-un.



“Mereka dieksekusi termasuk dua wakil menteri,” tulis kantor berita Yonhap melaporkan, hasil briefing legislator dan NIS. Kedua wakil menteri itu disebut menentang arahan Kim Jong-un.

Pemerintah Korut belum merespons klaim intelijen Korsel itu. Keluarga Kim telah memerintah dinasti tertutup itu dengan tangan besi selama lebih dari enam dekade.

NIS menyarankan agar Kim Jong-un mengikuti jalan baik dari ayah dan kakeknya dalam melakukan pembersihan dan eksekusi untuk memastikan disiplin dan loyalitas para pejabatnya.

Selama berkuasa Kim Jong-un pernah memerintahkan eksekusi terhadap pamannya sendiri, Jang Song-thaek  pada akhir 2013. Pamannya itu dieksekusi atas berbagai tuduhan, termasuk pengkhianatan dan korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar