Kamis, 09 April 2015

Iran Tuduh Arab Saudi Lakukan Genosida di Yaman

Okezone - Imam Besar Iran, Ayatollah Ali Khameini menyatakan serangan udara yang dilakukan oleh Koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi di Yaman adalah sebuah genosida. Tokoh Iran itu juga megatakan bahwa Arab Saudi dan sekutunya tidak akan meraih kemenangan di Yaman.

“Agresi oleh Arab Saudi terhadap Yaman dan penduduknya yang tak berdosa adalah sebuah kesalahan. Tindakan tersebut telah membuat contoh yang buruk di wilayah itu.” Kata Khameini, seperti dikutip Reuters, Kamis (9/4/2015).


“Ini adalah kejahatan dan genosida yang dapat dihukum di pengadilan internasional,” tegas Khameini. “Riyadh tidak akan meraih kemenangan pada agresi ini.”

Kecaman juga diserukan oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani, yang menegaskan kesalahan yang terus menerus dilakukan Arab Saudi dengan memerangi sekte Syiah di Timur Tengah.
“Anda telah mencobanya (memerangi Syiah) di Libanon, dan menyadari kesalahan Anda. Anda mencobanya di Suriah, dan menyadari kesalahan Anda. Anda akan segera menyadari Anda membuat kesalahan di Yaman,” ujar Rouhani.

Iran dikabarkan telah mengirimkan dua kapal perangnya ke Yaman untuk membantu kelompok Syiah, Houthi. Arab Saudi juga menuduh Iran membantu melatih dan mempersenjatai kelompok Houthi.
Iran membantah semua tuduhan ini, dan bersikeras menyerukan penyelesaian konflik melalui jalur politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar