Selasa, 07 April 2015

Perang di Yaman, Saudi Disebut Kerahkan Pasukan Khusus

Sindonews - Arab Saudi disebut sudah mengerahkan pasukan khusus dalam perang di Yaman untuk memerangi milisi Houthi. Hal itu diungkap seorang penasihat di pemerintahan Arab Saudi.

Arab Saudi yang memimpin koalisi Teluk telah membombardir Yaman sejak 26 Maret 2015. Namun, Saudi mengklaim belum memiliki rencana untuk mengerahkan pasukan darat di Yaman, meski pemerintah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi telah berkali-kali memintanya.



Penasihat Saudi yang diwawancarai dengan syarat anonim itu, mengatakan, bahwa pasukan khusus Angkatan Laut Saudi benar-benar telah menginjakkan kaki di tanah Yaman. Pasukan khusus Saudi itu bertugas memasok senjata dan peralatan komunikasi kepada milisi loyalis Presiden Hadi di Kota Aden selatan.

Pasukan khusus Saudi itu juga melakukan koordinasi dan memberikan bimbingan kepada pasukan loyalis Presiden Hadi untuk meluncurkan serangan balasan kepada pasukan pemberontak Houthi.

“Pasukan khusus akan melanjutkan keterlibatan mereka dengan pasukan loyalis Hadi, yang telah mencari perlindungan di Arab Saudi,” kata penasihat di pemerintahan Saudi itu. Penasihat itu juga mengungkap keterlibatan pasukan khusus Saudi dalam menginvasi pulau Myun di Selat Bab al-Mandab, yang jadi lalu lintas perdagangan maritim dunia.

”Pasukan khusus telah mengisolasi pulau ituu seperti halnya operasi untuk menghancurkan semua sisa-sisa milisi Houthi,” ujar penasihat tersebut, seperti dilansir AFP, Minggu (5/4/2015).

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Adel al-Jubeir, seperti dilansir Reuters, sebelumnya mengisyaratkan, bahwa pasukan khusus Saudi akan dilibatkan dalam agresi di Yaman. Tapi, untuk saat ini dia mengkonfirmasi, bahwa negaranya belum mengerahkan pasukan khusus itu. ”Kami tidak memiliki pasukan, pasukan resmi Saudi di Aden,” katanya.

Sedangkan juru bicara koalisi Teluk, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, mengatakan, bahwa belum ada pengumuman resmi pengerahan pasukan Saudi ke tanah Yaman. Sejauh ini agresi baru dilakukan melalui serangan udara dan laut. ”Bahkan jika itu (pengerahan pasukan khusus) benar, saya pikir keamanan dan keselamatan operasi yang paling penting bagi kami, daripada mengumumkannya melalui media,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar