Senin, 13 April 2015

Tegang dengan Saudi, Iran Hentikan Umrah

Okezone - Iran menghentikan semua perjalanan jemaah haji kecil atau umrah ke Arab Saudi pada Senin (13/4/2015). Hal itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik antara kedua negara.

Laporan penghentian perjalanan umrah ke Tanah Suci itu diberitakan stasiun televisi pemerintah Iran yang dilansir AP. Selain masalah ketegangan diplomatik, tindakan pemerintah Iran itu juga dipicu laporan dugaan pelecehan dua jemaah umrah asal Iran saat bepergian melalui Bandara Jedah bulan Maret lalu.


Juru bicara Kementerian Kebudayaan Iran, Hossein Nooshabadi, mengatakan kepada televisi pemerintah Iran, bahwa haji kecil akan ditunda sampai pemerintah Saudi menerapkan sikap yang kuat untuk kasus (pelecehan) ini. ”Hukuman mati harus berlaku untuk kasus ini,” katanya.

Laporan dugaan pelecehan terhadap jemaah umrah asal Iran itu telah memicu protes di Kedutaan Besar Saudi di Teheran pada Sabtu pekan lalu.

Sekitar 500 ribu warga Iran mengunjungi Arab Saudi setiap tahun untuk melakukan ibadah haji kecil. Mereka selalu mengunjungi Mekkah dan Madinah, dua situs suci Islam. Sedangkan untuk ibadah haji, sekitar 100 ribu warga Iran rutin tiap tahun berangkat ke Saudi.

Ketegangan antara Iran dan Saudi dipicu oleh agresi militer Koalisi Teluk pimpinan Saudi terhadap Houthi Yaman. Iran yang dikenal sebagai sekutu Houthi dituding Saudi ikut mendukung kelompok pemberontak yang ingin mengkudeta pemerintah sah Yaman itu. Namun, Iran berkali-kali menyangkalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar