Rabu, 01 April 2015

AS Bergabung Dalam Serangan Saudi Cs ke Yaman



LiputanIslam – Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah bergabung dalam serangan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman, sementara lembaga pemantau HAM HRW menyatakan Saudi menggunakan bom cluster terlarang di Yaman.

“Kapal AS kemarin ikut serta dalam serangan ke Sanaa, khususnya. Mereka meluncurkan rudal cruise terhadap sebuah brigade berkekuatan rudal,” ungkap sebuah sumber militer kepada media Rusia Sputnik, Selasa (01/3/2015), sebagaimana dikutip Press TV.

Sumber itu mencatat bahwa serangan AS itu dimulai setelah jet tempur Saudi gagal menyerang depot senjata milik Ansarullah alias kelompok al-Houthi.

Pernyataan ini menjadi keterangan pertama yang menyebutkan adanya kolaborasi militer antara AS dan Saudi dalam serangan ke Yaman.

Sehari setelah koalisi pimpinan Saudi dan sekutunya memulai serangan udara ke Yaman pada 26 Maret 2015, Presiden AS Barack Obama telah mengekspresikan dukungannya kepada Saudi cs.
Dalam serangan terbaru terhadap pabrik bahan makanan di provinsi Hudaydah di bagian barat Yaman pada Rabu (1/4/2015), sebanyak 29 warga Yaman terbunuh, dan 24 lainnya luka-luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar